Iklan

Sejarah Perkembangan Teknologi Informasi

Monday, September 28, 2009

Sejarah Perkembangan Teknologi Informasi

Untuk dapat membedakan apa yang dimaksud dengan Komputerisasi, Teknologi Informasi, SIstem Informasi dan Globalisasi informasi? maka sebaiknya kita melihat sejarahnya terlebih dahulu. Salah satu penyebab utama terjadinya Era Globalisasi Informasi yang datangnya lebihcepat dari dugaan semua pihak adalah karena perkembangan pesat teknologi informasi. Implementasi Internet, Electronic commerce, electronic data interchange, virtual office, telemedicine, intranet, dan sebagainya telah menerobos batas-batas fisik antar negara. penggabungan antara teknologi komputer dan telekomunikasi telah menghasilkan suatu revolusi di bidang sistem informasi.

Data atau informasi pada jaman dahulu harus memakan waktu berhari-hari untuk diolah sebelum dikirimkan ke sisi lain di dunia, saat ini dapat dilakukan dengan hitungan detik. terdapat empat era atau zaman perkembangan dari teknologi komputer yang telah dipengaruhi oleh Sistem Informasi.

Gambar : Era Perkembangan Teknologi Informasi

1. Era Komputerisasi

Periode ini dimulai sekitar tahun 1960-an ketika minicomputer dan mainframe diperkenalkan oleh perusahaan ke dunia industri, seperti IBM. Kemampuan menghitung yang sedemikian cepat menyebabkan banyak sekali perusahaan yang memanfaatkannya untuk keperluan pengolahan data (data processing), untuk melakukan perhitungan rumit, dan untuk menyelesaikan masalah-masalah teknis operasional, seperti stimulasi perhitungan pasa industri pertambangan dan manufaktur.

2. Era Teknologi Informasi

Pada awal tahun 1970-an, Teknologi PC atau Personal Computer mulai diperkenalkan sebagai alternatif pengganti MInicomputer. Dengan seperangkat komputer yang dapat ditaruh di meja kerja (desktop), seorang manager atau teknisi dapat memperoleh data atau informasi yang telah dioleh oleh komputer (dengan kecepatan hampir sama dengan kecepatan Minicomputer, bahkan Mainframe). Tidak seperti halnya pada Era Komputerisasi ketika komputer hanya menjadi "milik Pribadi" divisi EDP Perusahaan, di era kedua ini setiap individu di organisasi dapat memanfaatkan kecanggihan komputer, seperti untuk mengolah database, Spreadsheet, maupun data processing (end user computing).

3. Era Sistem Informasi

Teori-teori manajemen organisasi modern secara intensif mulai diperkenalkan di awal tahun 1980-an. Salah satu teori yang paling banyak dipelajari dan diterapkan adalah mengenai Manajemen Perubahan. pada hampir semua kerangka teori Manajemen Perubahan ditekankan pentingnya Teknologi Informasi sebagai salah satu komponen utama yang harus diperhatikan oleh perusahaan yang ingin menang dalam persaingan bisnis. Tidak seperti pada kedua era sebelumnya yang lebih menekan pada unsur teknologi, pada era manajemen perubahan yang lebih ditekankan adalah Sistem Informasi, karena komponen dan teknologi informasi merupakan komponen dari sistem tersebut.

4. Era Globalisasi Informasi

Era globalisasi Informasi merupakan fenomena yang terlihat sejak pertengahan tahun 1980-an dimana perkembangan di bidang teknologi informasi (komputer dan telekomunikasi) sedemikian pesatnya, sehingga kalau digambarkan secara grafis, kemajuan yang terjadi terlihat secara eksponensial. Ketika sebuah seminar internasional mengenai Internet diselenggarakan di San Fransisco pada tahun 1996, para praktisi teknologi informasi yang dahulu bekerja sama dalam penelitian untuk memperkenalkan internet ke dunia industri pun secara jujur mengaku bahwa mereka tidak pernah menduga perkembangan Internet akan menjadi sekarang ini. Penerapan teknologi seperti LAN, WAN, GloabalNET, Intranet, Internet, Ekstranet, semakin hari semakin merata dan membudaya di masyarakat.

0 comments: